Beberapa Cara untuk Mendapatkan SIUP Secara Mudah!

Spread the love

Artikel Easybiz

Beberapa Cara untuk Mendapatkan SIUP Secara Mudah! Bagi kalian pelaku usaha, khususnya UMKM tentu kalian memerlukan yang namanya surat izin usaha perdagangan atau yang biasa dikenal dengan istilah SIUP. Surat izin usaha ini sangat diperlukan, terlebih jika kalian berniat untuk melebarkan sayap usaha atau memulai pinjaman dari sebuah bank.slot deposit pulsa tanpa potongan

Adapun cara memperoleh SIUP sendiri memiliki beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Diantaranya secara online atau mendatangi langsung kantor yang bersangkutan alias secara offline.

Secara Online

Kalian bisa mengurusi surat perizinan usaha secara daring dengan cara mengunjungi laman resmi dari dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu atau singkatnya biasa disebut dengan istilah DPM dan PTSP. Setiap wilayah memiliki alamat website yang berbeda-beda. Nantinya, setelah kalian berhasil masuk pada web tersebut, segera cari informasi pengurusan SIUP sesuai dengan skala usaha kalian.

Secara Offline

Cara memperoleh SIUP yang berikutnya adalah secara offline alias kalian datang langsung pada kantor dinas industri perdagangan di wilayah kabupaten atau kota tempat kalian tinggal. Nantinya, kalian akan mendapatkan pengarahan langsung mengenai tata cara pendaftaran perizinan usaha tersebut.

Tatacara Mengurus Perizinan

Setelah mengetahui sistem pelayanan yang diterapkan oleh dinas permodalan usaha tersebut, selanjutnya segera selesaikan administrasi mengenai surat perizinan kalian ini. Kalian bisa mengurus surat usaha ini sendiri atau diwakilkan kepada pihak lain. Bahkan cara-caranya pun juga sangat mudah untuk dimengerti. Cukup datang atau registrasi secara online dan ikuti setiap panduan di dalamnya.

 

Nah, jika kalian lebih memilih cara memperoleh SIUP dengan cara datang langsung ke kantor dinasnya, maka kalian bisa mendatangi bagian layanan terpadu yang memang khusus menangani bahan SIUP. Apabila kebingungan kalian bisa tanya di bagian resepsionis. Setelah sampai, ambil formulir dan isi. Kemudian jangan lupa untuk ditempeli materai 6000. Fotokopi seluruh berkas yang sudah kalian isi sebanyak dua tangkap dan jangan lupa menyertakan syarat pendukung lainnya.

Berikut adalah beberapa dokumen pendukung yang harus kalian bawa dan lampirkan ketika ingin mengurus sebuah surat perizinan usaha:

  • Identitas diri alias KTP yang sudah digandakan sebanyak tiga lembar
  • Kartu Keluarga yang sudah digandakan tiga lembar pula
  • Gandakan NPWP sebanyak tiga lembar
  • Apabila diwakilkan, bawa surat kuasa yang sudah ditandatangani dan bermaterai 6000
  • Identitas diri dari seseorang yang dilimpahi kekuasaan
  • Surat perjanjian sewa apabila bangunan tempat usaha masih menyewa
  • Surat pernyataan kepemilikan dari pemilik bangunan yang sudah ditandatangani dan bermaterai 6000
  • Identitas diri asli pemilik bangunan yang disewa
  • Pas foto ukuran 3×4 berwarna sebanyak dua lembar
  • Surat pernyataan yang berisi kesanggupan mengurus IMB dalam kurun waktu satu tahun

 

Semoga pembahasan seputar bagaimana cara memperoleh SIUP usaha ini dapat membantu kalian dan menjawab seluruh pertanyaan yang mungkin sedang kalian bingungkan. Jangan tunggu lama-lama, segera lengkapi surat perizinan usaha kalian.