3 Indikator Bisnis Anda Tergolong Sukses

Spread the love

Apa yang bisa membuat kita mengatakan bahwa sebuah bisnis tergolong sukses? Benarkah ukuran kesuksesan sebuah bisnis hanya dilihat dari penjualan produk atau jasanya yang laku dan menjangkau berbagai kalangan masyarakat?

Pada dasarnya, cara termudah untuk mengatakan apakah sebuah bisnis tergolong sukses, adalah dengan mengetahui laba atau keuntungan bersih yang dapat diperoleh oleh pemilik bisnis terkait. Dari perhitungan keuntungan bersihnya, kita akan mengetahui seberapa besar kemampuan bisnis tersebut menjual produk atau jasanya.

Nyatanya, selain mengetahui jumlah keuntungan bersih yang berhasil diterima oleh pemilik bisnis, terdapat sejumlah aspek lain yang dapat membuat kita menyatakan suatu bisnis sudah tergolong sukses atau belum. Khususnya, aspek-aspek ini bisa kita dapatkan hanya dengan melihat fenomena yang mengiringi operasionalisasi bisnis tersebut dari luarnya saja.

Selain itu, kesuksesan sebuah bisnis memang sering diidentikkan dengan perolehan banyaknya uang yang mengalir ke setiap komponennya. Tetapi, apakah kesuksesan sebuah bisnis pada akhirnya hanya bisa dinilai dari uangnya? Kembali lagi ke perspektif masing-masing individu, bagaimana kita menilai kesuksesan bisnis bisa diperoleh dari berbagai sisi, ya.

Keuntungan yang besar belum bisa menjamin kemampuan bisnis tersebut untuk bisa bertahan dalam waktu yang lama. Di sisi lain, popularitas juga harus diimbangi dengan pemasukan yang besar guna menyejahterakan setiap lapisan yang terlibat dalam pelaksanaan bisnis itu sendiri. Kali ini, yuk kita cermati indikator apa saja yang membuat sebuah bisnis tergolong sukses!

3 Indikator Bisnis yang Tergolong Sukses

Seorang Founder Managing Partner dari sebuah perusahaan marketing di New York menyatakan bahwa terdapat tiga indikator sederhana yang bisa semakin memastikan sebuah bisnis bisa digolongkan ke dalam kategori yang sukses. Dari indikator ini, kita jadi bisa menilai pula bisnis terkait mampu mengungguli bisnis-bisnis lain yang ada di industri terkait.

  1. Produknya sering disebut

Apakah Anda pernah mendengar istilah top-of-mind? Istilah ini mewakili suatu fenomena di mana kita akan menyebutkan merek-merek, atau produk dan jasa tertentu jika kita ditanya akan suatu hal di bidang bisnis? Merek, produk atau jasa tersebut berhasil menduduki posisi puncak di pikiran kita, sehingga kita dapat dengan mudah mengafiliasikan mereka ke hal tertentu, atau menjadikan mereka favorit dari banyak pilihan lainnya.

Bisnis yang tergolong sukses tidak hanya yang mampu memberikan keuntungan bersih terbesar bagi pemiliknya, tetapi yang juga bisa dikenal secara lebih luas di berbagai kalangan masyarakat. Kesuksesan sebuah bisnis dapat dinilai dari mulai banyaknya perbincangan yang beredar akan bisnis tersebut, diikuti dengan penggunaannya dalam skala yang besar pula. Untuk dapat mewujudkan hal ini, sebuah bisnis harus memiliki karakteristik yang unik dan menarik.

Jika memungkinkan, cobalah untuk melakukan ide yang di luar dari pemikiran-pemikiran umum Anda sebelumnya. Dengan berani mengambil risiko, serta menerapkan apa yang belum ada, atau yang tidak diprediksi oleh masyarakat sebelumnya, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan menjadi beken dan lebih diingat banyak orang.

  1. Reputasinya baik

Selain popularitas di lingkungan masyarakat, sangat dianjurkan bagi para pelaku bisnis untuk senantiasa menjaga baiknya reputasi bisnis mereka. Dengan adanya perkembangan teknologi dan kemajuan berbagai perangkat yang mendukung, membangun dan menjaga citra yang baik dari sebuah bisnis seharusnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Jadi, selain memanfaatkan kecanggihan yang ada untuk berpromosi, tampilkan citra yang positif agar diterima masyarakat.

Selain berusaha dari dalam bisnis itu sendiri, membangun dan menjaga baiknya reputasi dapat dilakukan dengan menampilkan pendapat baik yang diperoleh dari pelanggan yang telah menggunakan produk atau jasa kita sebelumnya. Dengan begitu, rasa percaya lebih banyak orang akan dapat diperoleh, kemudian reputasi yang baik bisa diterima dan lekat pada bisnis kita.

  1. Tersedianya layanan yang bervariasi

Cobalah untuk memikirkan berbagai alternatif yang bisa Anda terapkan selama menjalankan bisnis Anda. Apakah keuntungan hanya dapat diperoleh dari kuantitas? Bisakah kuantitas, sekaligus kualitas, menjadi faktor utama yang mewujudkan kesuksesan bagi bisnis Anda?

Kita membicarakan tentang penawaran layanan yang bervariasi, baik dari segi bentuk, harga, hingga target pasar yang Anda kehendaki. Dengan menyajikan menu atau layanan yang tidak tersedia sebelumnya, Anda justru memiliki kemungkinan lebih besar untuk menarik lebih banyak peminat dari berbagai lapisan masyarakat. Tidak menutup kemungkinan pula, Anda mampu menyasar kalangan atas atau eksklusif. Yang patut menjadi pertimbangan dan perhatian selanjutnya adalah ketepatan selama mengenalkan dan mempersembahkan hal baru ini pada calon pelanggan.

Itulah 3 indikator yang dapat menggolongkan sebuah bisnis ke dalam kategori sukses. Selain dinilai dari segi keuntungannya, bisnis yang sukses adalah yang mampu mengungguli para kompetitornya dari beragam aspek di bidang bisnis. Lalu, apakah bisnis Anda sendiri sudah dapat dikatakan sukses? Semoga berhasil!