Langkah Sukses Menjalankan Bisnis Franchise

Spread the love

Dewasa ini, bisnis franchise sedang populer di berbagai kalangan masyarakat. Baik bagi seseorang yang tertarik menjadi pelaku bisnis, nyatanya bisnis franchise juga tengah digandrungi oleh banyak masyarakat yang berperan sebagai pelanggan. Pada akhirnya, dapat dikatakan menjalankan bisnis franchise dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Sayangnya, bagi kalangan yang berminat menjadi pelaku bisnis di sektor franchise, salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis ini adalah modal dalam jumlah yang tak sedikit sejak awal pembentukannya. Tentunya, selama menjalankan bisnis dan guna mampu mengembangkan bisnis franchise, seseorang harus cermat dalam mempertimbangkan persiapan dan potensi yang ada.

Di zaman sekarang, tidak sedikit orang yang bermimpi menjadi pengusaha yang sukses, terutama dengan membuka dan menjalankan bisnis franchise. Tetapi, seperti yang telah disebutkan tadi, modal yang besar di awal tak jarang menghambat langkah mereka untuk memulai. Belum lagi aspek-aspek lainnya yang membutuhkan perhatian pelaku bisnis. Kabar baiknya, bisnis franchise bisa disebut sebagai peluang yang sangat menjanjikan jika tepat dilakukan. Modal besar di awal dapat sebanding dengan keuntungan fantastis yang dapat diterima di kemudian hari.

Dengan kondisi seperti ini, seseorang yang ingin menjadi pebisnis dengan membuka franchise harus mempersiapkan diri sedari awal, baik secara fisik atau materi, maupun psikis. Selain mempersiapkan modal dan perlengkapan yang akan dibutuhkan, pastikan kita juga mampu untuk melakukan pengelolaan yang baik terhadap sumber daya dan keuangan selama bisnis dijalankan. Yang jelas, semuanya harus dilakukan secara tepat dan pas, sehingga bisnis franchise yang sudah dibuka akan dapat beroperasi sesuai dengan harapan.

Langkah sebelum Memulai Bisnis Franchise

Sebelum akhirnya terjun dan mendalami bisnis franchise, terdapat sejumlah langkah yang harus Anda perhatikan. Hal ini berguna untuk memastikan ketepatan Anda sendiri dalam memilih jenis bisnis, pasar, hingga strategi pemasaran dan pengelolaan franchise nantinya. Seperti halnya bisnis lain, bisnis franchise juga memerlukan penanganan khusus bahkan sebelum operasionalisasinya benar-benar dijalankan.

  • Menyiapkan modal

Bisnis franchise identik dengan kebutuhan modal yang bernilai cukup tinggi di awal pelaksanaannya. Di sisi lain, Anda juga bisa menemukan alternatif jenis franchise, atau cara lain agar tidak terlalu kesulitan dalam menyiapkan modal untuk memulai bisnis franchise Anda sendiri. Modal adalah hal terpenting yang harus disiapkan sebelum membuka bisnis franchise. Dengan memiliki modal yang cukup, Anda baru bisa beralih untuk menyelesaikan hal lain, serta memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

  • Memilih lokasi yang strategis

Setelah mengantongi modal yang cukup, hal lainnya untuk dipersiapkan adalah memilih lokasi yang strategi. Seperti yang mungkin Anda sudah bisa duga, bisnis franchise sedikit banyak menggantungkan keberhasilan operasionalisasinya pada pemilihan tempat yang tepat agar mudah dijangkau oleh lebih banyak orang. Secara umum, pemilihan lokasi memang memegang peranan penting dalam mewujudkan kesuksesan suatu bisnis. Maka dari itu, pilihlah lokasi yang tepat di mana bisnis akan dimulai, maupun rencanakan lokasi lain untuk upaya pengembangan nantinya.

  • Membekali dengan referensi

Jika memungkinkan, lakukan riset secukupnya agar Anda memiliki bekal informasi dan referensi yang cukup seputar dunia bisnis, terutama pada sektor franchise. Setiap jenis bisnis memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, kemudahan dan hambatannya, serta cara yang perlu dipraktikkan untuk mengelola pasar dan operasionalisasinya. Bisnis franchise tidak luput dari kebutuhan referensi ini, sehingga sediakan waktu yang cukup bagi Anda untuk belajar seluk-beluknya, serta menimba pengalaman dari berbagai sumber.

  • Memilih yang sesuai dengan kemampuan

Anda sudah memiliki modal, memilih lokasi, serta mengoleksi referensi tentang dunia bisnis franchise. Hal terakhir yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah menetapkan jenis franchise berdasarkan kemampuan dan kondisi Anda sendiri. Poin ini berkaitan erat dengan poin-poin sebelumnya, dan kesemuanya saling memengaruhi satu sama lain. Dari sekian banyak jenis yang tersedia, tentukan jenis franchise yang sesuai dengan ketrampilan dan minat, serta rancangan dana Anda. Jika tidak, Anda akan merasa tidak nyaman selama menjalankan bisnis tersebut.

Tips Memulai Bisnis Franchise

Sudahkah Anda siap untuk menjalankan langkah-langkah tadi sebagai permulaan yang baik dalam membuka bisnis franchise? Sekarang, simak tips berikut agar Anda dapat mulai melaksanakan bisnis franchise-nya dengan baik dan benar!

  • Memahami risikonya

Selain membayangkan kesuksesan yang mungkin Anda raup pada waktunya, jangan lupakan kebutuhan Anda untuk memahami dan mempersiapkan diri dari setiap risiko bisnis yang mengiringinya. Sebelum memutuskan mendalami bisnis franchise, pahami bahwa setiap usaha memiliki tingkat pertumbuhan, maupun kegagalannya masing-masing.

  • Perhitungan potensi keuangannya

Dalam dunia bisnis franchise, Anda akan mengenal beberapa istilah keuangan yang mungkin baru, seperti franchise fee dan royalty fee. Selain memperhatikan sirkulasi pendapatan dan keuntungan bersih yang bisa Anda peroleh, ketahuilah bahwa terdapat persentase yang berbeda-beda untuk setiap operasionalisasi franchise berdasarkan jenis dan pemasukannya itu sendiri.

  • Pelajari komponen-komponen pendukung bisnis

Mulai dari catatan pemasukan dan pengeluaran, pengelolaan laporan keuangan, hingga perekrutan karyawan sesuai dengan kebutuhan, Anda harus bisa menangani semua dengan baik. Tidak ada salahnya untuk mempelajarinya terlebih dahulu dari rekan-rekan yang mengerti atau dengan pengalaman yang mumpuni.

Khususnya untuk laporan keuangan bisnis Anda, laporan yang dibuat secara terstruktur dapat membantu melihat kesehatan bisnis Anda: kapan Anda bisa mengembangkan bisnis, serta kapan Anda harus mengantisipasi risiko kegagalan. Sementara untuk perekrutan karyawan, penambahan jumlah personel untuk bisnis franchise Anda hanya dibutuhkan jika Anda merasa lebih banyak dukungan teknis, serta telah memiliki kemampuan finansial untuk membayar masing-masing dari mereka.